Cari Ileran

Rabu, 09 Oktober 2013

(Nggak) Ngiler Hosting Gratis!

Everybody likes free things! Semua orang suka gratisan! Bahkan jika ada batasan sekalipun, yang penting gratis!

Kali ini kamu semuanyah nggak bakal cuma ngiler doang. Semuanyah bisa dapet hosting gratis*! Liat, udah ada tanda bintang tuh satu. Biar cepet gw jelasin tanda bintangnya adalah yang gratis adalah hosting aja, domainnya enggak*. Eh, ada tanda bintang lagi, gw jelasin lagi, domain yang bayar, adalah kalo mau ngambil domain TLD. Kalo mau macem subdomain sih gratis.

Ada iklannya enggak? Sampe sekarang, 9 Oktober 2013, hosting ini belum nempelin iklan di web yang kita bikin. Nggak tau nantinya. Tapi ini gw hampir bisa pastiin satu satunya full featured web hosting yang gratis! Apa sih namanya? Namanya...

Bedanya Hostinger ini dengan gratisan yang biasanya apaan? Nih tabel sederhananya.

Hostinger Gratisan Lain
Space Lega Imut
Bandwidth Lega Imut
Database PHP/SQL Boleh, 2 biji. Nggak boleh
Domain Subdomain Subdomain
Parkir 2 domain Nggak boleh
Ganti MX Sendiri Boleh Nggak boleh
Iklan Nggak ada Biasanya ada

Maksudnya apaan itu? Gw jelasin satu satu dulu.

Space dan Bandwidth

Space itu ruangan dimana data kamu bisa disimpen. Space Hostinger yang gratisan adalah 2GB. Setau gw ini jauh lebih gede dari Hostinger gratisan manapun. Gratisan lain paling space-nya 50MB. Bandwidth adalah seberapa orang yang bisa keluar masuk si space tadi. Hostinger memang bandwidthnya cukup lega. 100GB. Yang lain? paling 2GB-an.

Database, Parkir, Ganti MX Sendiri

Ini penting, karena inilah yang gw sebut "full featured" tadi. Database penting bangets buat bikin web web modern yang pake CMS macem Wordpress. Parkir itu bisa dipake untuk domain yang udah kita beli, tapi belum pengen dibikin, untuk diparkir sementara, jadi kalopun diakses, nggak 404 (kosong) banget lah.

Sedangkan MX adalah mail exchange, alias pengaturan email. Sekarang jadi kurang penting karena Google Apps nggak ada yang gratisan lagi. Jadi kamu nggak bisa dapet email 7GB gratisan lagi. Walaupun begitu, ganti MX juga merupakan fitur yang biasanya nggak ada di hosting gratisan lain.

Screenshot (49)

Domain

Hostinger ngebolehin kita bikin subdomain dari beberapa domain yang kita punya. Bahkan kalopun mau beli domain dari luar dan pake Hostinger sebagai hosting, boleh dan gratis! Yang lain kalo udah make domain custom sih biasanya bayar.

Iklan

Nah... yang ini sih katanya begini...

Tidak ada iklan maupun banner di website Anda

Tidak ada iklan teks, pop-ups maupun banner yang sangat mengganggu. Website Anda 100 persen bebas dari iklan kami selamanya!

Lalu gratisan ini cocoknya untuk siapa?

Yang namanya gratisan, kadang ada hidden agenda-nya. Maka dari itu, gw sangat menyarankan, jangan bikin website komersil di tempat gratisan macem gini. Kalo cuma buat display, belajar, sih ok. Tapi kalo udah bikin Company Website? Mending beli yang berbayar.

Mau ngehosting di Hostinger pake yang berbayar juga nggak terlalu mahal. 336ribu per tahun udah termasuk domain .COM. Rata rata domain .COM harganya 100ribu. jadi si hosting sendiri harganya nyaris 20rb per bulan. Cukup murah untuk kelas komersial. Tinggal dilihat kehandalannya aja sih.

Buruan deh kamu bikin, atau setidaknya booking tempat di Hostinger, sebelum TOS-nya berubah. Atau bahkan jadi bayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar